Kualifikasi Euro 2020: Timnas Inggris Hajar Republik Ceko 5-0

inggris hajar republik ceko

topmetro.news Tampaknya Timnas Inggris tak main-main menjadi kandidat juara. Mengawali babak kualifikasi EURO 2020, Timnas Inggris tampil memaukau dengan menghajar Republik Ceko dengan skor 5-0. Pada laga matchday pertama Grup A berlangsung, pada Sabtu (23/03/2019) dinihari WIB tadi di Stadion Wembley.

Raheem Sterling menjadi bintang kemenangan The Three Lions dengan mencetak tiga gol alias hat-trick, sedangkan dua gol lainnya masing-masing lahir dari eksekusi penalti Harry Kane serta bunuh diri Tomas Kalas.

Kemenangan ini tentu menjadi modal bagus bagi Inggris yang di partai selanjutnya bakal melawat ke Montenegro. Sementara Ceko berikutnya akan menjalani partai persahabatan melawan Brasil.

Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Inggris mencoba langsung tampil agresif sejak menit pertama. Sayang belum ada peluang berbahaya yang bisa dihasilkan pasukan Gareth Southgate.

Inggris mendapat pukulan telak ketika gelandang Eric Dier tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera. Ia pun digantikan Ross Barkley di menit ke-17.

Tuan rumah akhirnya membuka keunggulan di menit ke-24 lewat gol Sterling. Diawali dengan aksi Jadon Sancho, bola kirimannya mampu diselesaikan Sterling menjadi gol.

Jelang babak pertama usai, Inggris mendapat hadiah penalti setelah Sterling dilanggar Pavel Kaderabek dan Kalas di kotak terlarang. Kane yang maju sebagai eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor 2-0 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, tim tamu melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Matej Vydra menggantikan Jakub Jankto. Ceko pun sempat membahayakan pertahanan Inggris di awal babak kedua.

Inggris sukses menambah keunggulan di menit ke-62, lagi-lagi lewat aksi Sterling. Penyerang sayap asal Manchester City itu melepas tembakan melengkung yang tak bisa dihalau Jiri Pavlenka.

Sterling benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Ceko. Ia menyempurnakan penampilan impresifnya dengan mencetak gol ketiga di menit ke-68. Ini adalah hat-trick pertama Sterling di level internasional.

Penderitaan Ceko semakin bertambah setelah Kalas melakukan gol bunuh diri di menit ke-84. Aksi Callum Hudson-Odoi sempat bisa dimentahkan Pavlenka, tapi bola justru mengenai Kalas dan berbalik masuk ke gawang timnya sendiri. Skor 5-0 untuk kemenangan Inggris pun menjadi hasil akhir laga ini.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment